JAKARTA - Psikolog dari Universitas Indonesia Dewi Taviana Walida Haroen menyatakan, langkah Jessica Kumala Wongso meletakkan paper bag di atas meja tak bisa menilai, apakah termasuk perbuatan lazim atau tidak.

Pasalnya, untuk sampai pada kesimpulan tersebut, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap perilaku keseharian terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin tersebut.

"Harus dilakukan penelitian objek dalam kesehariannya. Kita ilmiah, data minim, enggak bisa kita coba-coba. Itu bedanya psikolog dengan ahli nujum," ujar Dewi pada sidang lanjutan kasus kematian Mirna Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (19/9).

Dewi mengemukakan pendapatnya, karena untuk menyimpulkan perilaku seseorang, perlu dilakukan pemeriksaan secara komprehensif dengan metodologi yang baku.  

Mulai dari perilaku keseharian Jessica selama ini, maupun prilaku yang mendasari tudingan perbuatan dilakukan secara terencana.

"Sebetulnya seperti saya taruh tas di meja, enggak lazim, karena sebenarnya di suruh suami, takut hilang," ujar Dewi.

Mendengar penjelasan itu, Ketua Majelis Hakim Kisworo bertanya, mana lebih utama, meletakkan paper bag atau tas yang dibawa di atas meja.

"Balik lagi, dicek (kebiasaan,red) dia, itu lazim atau tidak. Jadi seperti saya mengatakan (meletakkan tas di atas meja,red) bukan mengatakan itu lazim tak lazim, tapi itu alasan," tandas Dewi.(gir/jpnn)

 



from JPNN.COM | Kriminal http://ift.tt/2cjmDyn

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top
.:tutup:.